Tutorial Router Dinamis Jenis RIP dan EIGRP pada Cisco Packet Tracer, Mengabungkan dua jenis router sekaligus !!



Cara kerja routing dinamis yaitu Protokol Routing mengatur tiap Router sehingga dapat berkomunikasi antar Router satu dengan Router lainnya dan saling memberikan informasi dan juga tentunya informasi Routing yang dapat mengubah isi dari routing table, dengan kata lain Dynamic Routing adalah proses pengisian data pada Routing table secara otomatis.

Setidaknya ada 5 macam routing dinamis, tapi di contoh tutorial kali ini adalah jenis RIP dan EIGRP

RIP dan EIGRP

Routing Information Protocol (RIP) adalah sebuah protokol routing dinamis yang digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Oleh karena itu protokol ini diklasifikasikan sebagai Interior Gateway Protocol (IGP). Protokol ini menggunakan algoritma Distance-Vector Routing. Pertama kali didefinisikan dalam RFC 1058 (1988). Protokol ini telah dikembangkan beberapa kali, sehingga terciptalah RIP Versi 2 (RFC 2453).

Enhanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) adalah lanjutan jarak-vector routing protokol yang digunakan pada jaringan komputer untuk mengotomatisasi routing yang keputusan dan konfigurasi. Protokol ini dirancang oleh Cisco Systems sebagai protokol proprietary, hanya tersedia pada router Cisco. Fungsi parsial dari EIGRP dikonversi menjadi sebuah standar terbuka pada tahun 2013 dan diterbitkan dengan statusnya informasi sebagai RFC 7868 pada tahun 2016.

Baca juga :  Tutorial Cara Routing Dinamis Jenis EIGRP dan OSPF Beserta Implementasi DNS Server

Konfigurasi/Tutorial

Banyak step-step yang harus dilakukan seperti membuat router distribute dll. Untuk itu konfigurasinya/tutorialnya sendiri bisa dilihat pada video berikut. 

 


Post a Comment

0 Comments